Senin, 14 Juni 2010

Jenis/Macam Sekolah Pada Zaman Kolonialisme Belanda Di Indonesia - Sejarah Jaman Dulu / Jadul

Pada saat penjajahan belanda dulu di Indonesia sempat didirikan berbagai jenis sekolah-sekolah belanda yang dibagi-bagi menjadi beraneka ragam jenis, yaitu :

1. ELS (Eurospeesch Lagere School) atau disebut juga HIS (Hollandsch Inlandsch School) sekolah dasar dengan lama studi sekitar 7 tahun. Sekolah ini menggonakan sistem dan metode seperti sekolah di negeri belanda.

2. HBS (Hogere Burger School) yang merupakan sekolah lanjutan tinggi pertama untuk warga negara pribumi dengan lama belajar 5 tahun. AMS (Algemeen Metddelbare School) mirip HBS, namun setingkat SLTA/SMA.

3. Sekolah Bumi Putera (Inlandsch School) dengan bahasa pengantar belajarnya adalah bahasa daerah dan lama study selama 5 tahun.

4. Sekolah Desa (Volksch School) dengan bahasa pengantar belajar bahasa daerah sekitar dan lama belajar adalah 3 tahun.

5. Sekolah lanjutan untuk sekolah desa (Vervolksch School) belajar dengan bahasa pengantarnya bahasa daerah dan masa belajar selama 2 tahun.

6. Sekolah Peralihan (Schakel School) yaitu sekolah lanjutan untuk sekolah desa dengan lama belajar 5 tahun dan berbahasa belanda dalam kegiatan belajar mengajar.

7. MULO Sekolah lanjutan tingkat pertama singkatan dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs dengan tingkatan yang sama dengan smp / sltp pada saat jika dibandingkan dengan masa kini.

8. Stovia (School Tot Opleiding Van Inlansche Artsen) yang sering disebut juga sebagai Sekolah Dokter Jawa dengan masa belajar selama 7 tahun sebagai lanjutan MULO.

Sejarah Detik-Detik Proklamasi Dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Pelaksanaan acara proklamasi hari kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Augustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur No.56 Jakarta pukul 10.00 wib. Setelah bendera sang merah putih berkibar, para hadirin dengan spontan dan serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

Jadwal Acara Proklamasi 17-08-1945 :
1. Pembacaan proklamasi yang kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat Ir. Soekarno.
2. Pengibaran Sang Bendera Merah Putih.
3. Kata Sambutan dari Suwiryo.
4. Sambutan dari Dr. Muwardi selaku panitia keamanan.

Makna Proklamsi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia :
1. Telah lahir sebuah negara dan bangsa baru yang merdeka dan berdaulat.
2. Adanya revolusi untuk memindahkan kekuasaan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
3. Bebas dari segala bentuk janji muluk kemerdekaan dari pemerintah Jepang.

Pelaksanaan acara proklamasi hari kemerdekaan Bangsa dan Negara Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Augustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur No.56 Jakarta pukul 10.00 wib. Setelah bendera sang merah putih berkibar, para hadirin dengan spontan dan serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

Jadwal Acara Proklamasi 17-08-1945 :
1. Pembacaan proklamasi yang kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat Ir. Soekarno.
2. Pengibaran Sang Bendera Merah Putih.
3. Kata Sambutan dari Suwiryo.
4. Sambutan dari Dr. Muwardi selaku panitia keamanan.

Makna Proklamsi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia :
1. Telah lahir sebuah negara dan bangsa baru yang merdeka dan berdaulat.
2. Adanya revolusi untuk memindahkan kekuasaan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
3. Bebas dari segala bentuk janji muluk kemerdekaan dari pemerintah Jepang.

Tokoh-Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945 Dan Perannya Pada Persiapan Pelaksanaan Proklamasi

Berikut ini adalah daftar orang yang memiliki peran serta dalam mempersiapkan pelaksanaan proklamasi pada 17 agustus 1945 jam 10.00 wib di jl. pegangsaan timur no.56 jakarta. Berikut ini adalah nama tokoh tersebut beserta aktivitasnya pada waktu itu yaitu :

1. Soekarno dan M. Hatta
Kedua tokoh pahlawan Negara Indonesia itu merumuskan naskah proklamasi bersama dengan Soebardjo. Sukarno dan Bung Karno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dan M.Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia pertama.

2. Sayuti Melik
Beliau adalah tokoh yang mengetik naskah teks proklamasi setelah disempurnakan dari naskah tulisan tangan asli.

3. Sukarni
Sukarni adalah tokoh pemuda yang sebelumnya pernah memimpin asrama angkatan baru yang berlokasi di menteng raya 31.

4. B.M. Diah
Beliau merupakan tokoh yang berperan sebagai wartawan dalam menyiarkan kabar berita Indonesia Merdeka ke seluruh penjuru tanah air.

5. Latif Hendraningrat, S. Suhud dan Tri Murti
Mereka berperan penting dalam pengibaran bendera merah putih pada acara proklamasi 17-08-1945. Tri Murti sebagai petugas pengibar pemegang baki bendera merah putih.

6. Frans S. Mendur
Beliau seorang wartawan yang menjadi perekam sejarah melalui gambar-gambar hasil bidikannya pada peristiwa-peristiwa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia bersama kawan-kawannya di Ipphos (Indonesia Press Photo Service).

7. Syahrudin
Adalah seorang telegraphis pada kantor berita Jepang yang mengabarkan berita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia ke seluruh dunia secara sembunyi-sembunyi ketika personil jepang istirahat pada tanggal 17 agustus 1945 jam 4 sore.

8. Soewirjo
Beliau adalah walikota Jakarta Raya yang mengusahakan kegiatan upacara proklamasi dan pembacaan proklamasi berjalan aman dan lancar.

Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 Kongres Pemuda II - Satu Tanah Air, Bangsa dan Bahasa

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II dilaksanakan tiga sesi di tiga tempat berbeda oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dsb serta pengamat dari pemuda tiong hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Isi Dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua :

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

Apabila kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai banyak hal tentang Sumpah Pemuda kita bisa menunjungi Museum Sumpah Pemuda yang berada di Gedung Sekretariat PPI Jl. Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi utama seperti biola asli milik Wage Rudolf Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta foto-foto bersejarah peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 yang menjadi tonggak sejarah pergerakan pemuda-pemudi Indonesia.

Jumat, 04 Juni 2010

PEMANFAATAN KOMPUTER DI MASYARAKAT

1.1 PENDAHULUAN

Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.

Para ahli-ahli fisika, elektronika dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.

Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini:

  • Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
  • Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
  • Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
  • Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
  • Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
  • Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
  • Penggunaan komputer dalam bidang industri.

Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.

1.2 Beberapa Aplikasi Penting

Komputer merupakan penemuan yang sangat penting dan mendasar. Komputer tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan akan tetapi mengubah cara kerja dan sekaligus menimbulkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan.

1.2.1 Mobil Pandai

Pengolah mikro telah dimanfaatkat untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya pada tahun 1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah mikro pada produknya. Pengolah mikro mendapatkan masukan data dari beberapa sumber, seperti :

  • Meter pompa injeksi (beban mesin)
  • Alternator (putaran mesin/menit)
  • Sistem pendinginan mesin
  • Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
  • Gigi transmisi

Data masukan tersebut diolah oleh pengolah mikro untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

1.2.2 Perpustakaan Elektronik

Ruang dan waktu merupakan dua permasalahan utama yang dihadapi oleh Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk menyimpan buku, majalah, jurnal, surat kabar dan makalah terus membengkak. Disamping hal itu, beban petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk menemukan bahan bacaan yang diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah bacaan yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan.

Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan bantuan komputer. Komputer pada sat ini sudah mampu menggantikan katalogdan berdaya tampung besar. Sistem basis data jugatelah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.

Perkembangan tekhnik pencetakan dengan bantuan komputer membuaka nuansa baru dalam penyimpanan informasi. Buku atau majalah yang dicetak selalu diolah dan diperiksa ulang dengan komputer, sehingga informasi elektronis dapat diperoleh secara langsung.

1.2.3 Pengendalian Lalu-lintas Udara

Lalu-lintas udara merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia, walaupun di indonesia jumlah penerbangannya masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Walaupun demikian pengendalian lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan komputer. Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan berakibat fatal.

1.2.4 Pengolahan Data Cuaca

Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumidan diangkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model peraamalan cuaca lokal.

1.2.5 Permainan Video

Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar dimana-mana di pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah. Sehingga anak-anak muda mulai melupakan kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota masyarakat. Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapay yang mengatakan bahwa anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak digunakan untuk permainan dari pada pemrogramman.

Pengenalan Internet

1.1 Pengertian Internet

Internet adalah kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi, seperti telepon. Komputer pribadi dapat berada di berbagai tempat yang terpisah, baik didalam wilayah nasional maupun internasional.

Setiap komputer pribadi yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data lateral citra dan suara. Seketika itu dan dalam dua arah. Istilah lain untuk internet adalah dunia maya, cyberspace,homepage ata www (world wide web)

Internet adalah milik masyarakat dunia. Tidak ada orang atau lembaga yang dapat mengklaim Internet sebagai miliknya sendiri. Sebagai warga internet, anda dapat melakukan pertukaran teks dan berbagai pesan dengan berjuta manusia dalam bisnis, akademi, pemerintahan dan organisasi lain, mengakses perangkat lunak, dokumen tentang seni, politik, kebudayaan, gambar, peta, cuaca, katalog perpustakaan dan berbagai informasi dari berbagai tempat diseluruh dunia.

Internet diibaratkan sebagai suatu kota elektronik berukuran raksasa, dimana setiap penduduk memiliki alamat yang dapat digunakan untuk berkirim surat. Jika ingin berkeliling kota cukup dengan komputernya sebagai kendaraan.

Pengoperasian jaringan bertumpu diatas sarana telekominikasi. Jalur lambatnya menggunakan modem dan saluran telepon; sedangkan jalur cepatnya menggunakan ISDN atau frame relay.

1.2 Perkembangan Internet

Internet telah menciptakan dunia baru bagi kehidupan manusia. Yang kemunculannya dimulai dimulai ketika departemen pertahanan Amerika Serikat membuat proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan sebutan ARPAnet. ARPAnet semuala dirancang untuk menemukan jaringan komputer handal, dan smpai berapa besar informasi dapat dipindahkan dan semua standard yang ditentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang dikenal dengan TCP\IP.

Lalu NSF (National Science Foundation) melanjutkan proyek ini dan kemudian menciptakan jaringan sendiri bernama NSFnet berdasarkan teknologi IP yang dipakai oleh ARPAnet dengan saluran telepon sebagai sarana transmisi. Karena biayanya terlalu tinggi, maka pihak NSF memutuskan membuat alternatif dimana komputer akan berhubungan dengan jaringan lokal, kemudian jaringan lokal ini meneruskan ke jaringan komputer lainnya.

Alternatif ini berhasil, sehingga jaringan komputernya dikembangkan lebih lanjut oleh Merit Network Inc bekerja sama dengan IBM dan MCI, namun demikian hubungan masih terbatas pada lingkungan akademi, lembaga penelitian dan instansi pemerintah di Amerika Serikat.

1.3 Fasilitas Internet

Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi dan memeperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain :

· E-mail

· Mailing List (kelompok diskusi)

· File server/transfer

· Web/Distributed Multimedia database, serata

· Video dan Suara

Surat elektronik (E-mail), Dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat berkirim surat dan file antar komputer keseluruh dunia hanya membayar pulsa telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai ketujuan dalam beberapa menit.

Kelompok diskusi (mailinglist), Fasilitas ini dibangun dengan tekhnik yang sama dengan proses penyebaran elektronik. Dengan fasilitas ini berita di distribusikan kebanyak pengguna sekaligus, sehingga penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat oleh waktu dan ruang.

File server/transfer. Fasilitas ini memungkinkan anda menyalin file yang anda perlukan yang ada di internet dan menyimpannya pada file komputer anda.

Web/Distributed Multimedia Database, fasilitas yang memudahkan anda dalam melakukan navigasi informasi di internet.

Fasilitas Video dan Suara, dengan fasilitas ini anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak tersedia di internet.

1.4 Tipe Koneksi Internet

Dalam melakukan penyambungan atau conection dengan internet terdapat beberapa cara yang disesuaikan dengan tingkat pengaksesan dari komunikasi internet. Ada tiga tipe koneksi dari internet yaitu :

· Online atau dial, account melalui internet provider account ini sering disebut pula sebagai shell account. Pengguanaan ini terbatas lebih diutamakan pada biaya rendah. Online accounts disediakan dari beberapa fasilitas yaitu internet provider, online service secara komersial dan universitas, pemerintahan atau organisasi non profit.

· Koneksi SLIP/PPP, Dengan koneksi ini maka transfer data lebih cepat sehingga anda dapat menjalankan program yang ada diinternet, anda tidak perlu lagi mengirim data per karakter melalui modem

· Fasilitas yang dapat disewa atau leased line. Untuk memakai line yang disewa perlu memakai TCP/IP software pada suatu LAN. Untuk membuat suatu fasilitas yang dapat disewa sangat kompleks dan diperlukan waktu. Biasanya perusahaan yang menggunakan line ini dipakai untuk dijual lagi keperusahan menengah dan kecil.

Selasa, 01 Juni 2010

Proposal skripsi Online

A. LATAR BELAKANG

Akademi Kebidanan Merangin adalah sebuah Sekolah Tinggi yang berada di propinsi jambi dan tepatnya di kabupaten Merangin . Yang saat ini termasuk Akbid ternama di propinsi jambi. Dan selalu mengalami perkembangan baik dari segi pembangunan, fasilitas, dan lain-lain.

Proses Pendaftaran untuk Calon Mahasiswa pada Akademi Kebidanan Merangin saat ini bisa melalui daftar langsung kekampus maupun Via Telpon, Cara tersebut cukup baik namun tidak begitu efektif, Di karena kan calon mahasiswa harus datang ke kampus berulang-ulang untuk mendapatkan informasi, Terjadinya antrian pada pendaftaran calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran, Dan banyaknya data yang harus diolah mengakibatkan ketidak akuratan data serta lambat dalam pembuatan buku induk mahasiswa dan laporan.

Untuk menciptakan proses Pendaftaran Mahasiswa Baru yang lebih baik maka perlu diciptakannya sebuah sistem yang melayani proses pada Pendaftaran Mahasiswa baru, mulai dari proses pengisian identitas Calon Mahasiswa maupun pembanyaran melalui Bank, maka saat calon Mahasiswa datang ke Sekolah Tinggi hanya melapor dan menunjukan bukti.

Oleh karena itu bagaimana cara pihak Akademi Kebidanan (AKBID) Merangin, memberikan kemudahan kepada calon Mahasiswa untuk melakukan Pendaftaran??

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah membutuhkan sebuah aplikasi yang mudah dicapai oleh semua calon Mahaiswa sebagai salah satu bentuk meningkatkan fasilitas kampus dibidang pelayanan, yang berupa Pendaftaran Mahasiswa Baru secara online melalui media internet. Keuntungan dari menggunakan media internet adalah karena dapat diakses di mana saja, oleh siapa saja dan sebagai media informasi yang baik.

Diharapkan dengan sistem ini, akan memberikan proses pelayanan yang baik, juga dapat meningkatkan promosi pihak kampus kepada seluruh masyarakat.

Berdasarkan uraian di atas dan melihat besarnya mafaat yang akan di dapat dari pengguna komputer maka penulis mencoba untuk menawarkan solusi, yang di tuangkan dalam proposal skripsi yang berjudul ” Pendaftaran Mahasiswa baru Pada Akademi Kebidanan Merangin Secara OnLine”.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan penelitian awal yang penulis lakukan pada Akdemi kebidanana Merangin, penilis mendapatkan bahwa pendaftaran secara cara manual banyak menemui persoalan diantaranya :

1. Di karena kan calon mahasiswa harus datang ke kampus berulang-ulang untuk mendapatkan informasi.

2. Terjadinya antrian pada pendaftaran calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran, Dan.

3. Banyaknya data yang harus diolah mengakibatkan ketidak akuratan data serta lambat dalam pembuatan buku induk mahasiswa dan laporan.

C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

C.1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian :

1. Untuk mengetahui, mengamati dan mempelajari sistem yang berjalan,

2. Menyimpulkan hasil-hasil yang pereroleh selama mengadakan penelitian

3. Merancang, membuat sistem yang diusulkan.

C.2. Manfaat penelitian

Adapun Mamfaat penelitian :

1. Bagi peneliti, Sebangai tambahan pengetahuan dalam memahami dan penerapan teori yang di peroleh kedalam dunia kerja dalam bentuk praktek.

2. Bagi Insitusi, sebagai masukan / saran.

3. Bagi pembaca, sebagai reperensi untuk peneliti selanjudnya.

D. RUANG LINGKUP

Sesuai dengan Yang kemukakan diatas, maka penulis membatasi masalah yaitu, hanya pada pendaftaran Mahasiswa baru secara online yang dikaitkan dengan data pendaftaran Mahasiswa pada Akdemi kebidanan Merangin. Ruang lingkup dengan mempelajari sistem lama khususnya bagaimana cara kerja sistem pendaftaran agar peneliti tidak menyimpang dari permasalahan yang di angkat penulis.

E. METODOLOGI PENELITIAN

Metode yang digunakan untuk mendukung penulis ini adalah :

1. Penelitian lapangan (Field research)

Yaitu mendapatkan data infomasi yang berkembang dengan masalah penulis langsung dengan cara :

a. Observasi, yaitu pengamatan langsung kelapangan atau pada obek penelitian.

b. Interview, yaitu penulis langsung mengadakan wawancara dengan pihak yang bersangkutan.

2. Penelitian pustaka (Library Research)

Yaitu dengan cara mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan masalah penyusunan proposal skripsi ini, maupun sumber-sumber tertulis lainnya.

3. Penelitian laboratorium (Laboratory Research)

Dalam melakukan penelitian ini penulis melakukan pengolahan data dengan komputer sebagai alat bantu dalam menunjang penyusunan tugas ini.

F. LANDASAN TEORI

F.1. Pengertian Sistem

Suatu sistem mempunyai maksud tertentu, ada yang menyebutkan maksud dari suatu sistem untuk mencapai suatu tujuan dan ada yang menyebutkan untuk mencapai sasaran tertentu. Tujuannya biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang sempit.

Terdapat dua kelompok pendekatan mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya adan menekankan pada elemennya atau komponennya.

Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai berikut :

Menurut Jogiyanto Hartono dalam bukunya yang berjudul pengenalan Komputer (2000:2) menyebutkan bahwa Sistem adalah :”Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama unutk melaksanakan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.”

Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemennya atau komponennya mendefinisikan sistem sebagaimana pendapat Jogiyanto Hartono yang mengatakan dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi (2000:2) yaitu Berdasarkan Pendekatan Sistem, Sistem adalah : “Kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.”

F.2. Pengertian Informasi

Informasi diibaratkan darah atau cairan yang mengalir dalam tubuh atau dalam suatu wadah (organisasi). Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya akan berakhir. Setiap pekerjaan atau kegiatan (aktivitas) memerlukan data dan informasi, sebaliknya dengan adanya pekerjaan atau kegiatan (aktivitas) akan menghasilkan data dan informasi yang baru.

Beberapa definisi tentang informasi menurut beberapa pakar yaitu : Menurut Zulkifli Amsyah dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sistem Informasi (2001:2) menyebutkan bahwa Informasi adalah :

Data yang sudah diolah, dibentuk atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu. Pekerjaan infomasi meliputi pengupulan data, penyebaran data dengan menerusnya keunit lain, atau lag\ngsung diolah menjadi informasi, kemudian informasi tersebut diteruskan keunit lain.

Menurut Zulkifli Allamsyah (2001:1) menjelaskan bahwa informasi adalah : Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Informasi yang akurat akan memudahkan pihak manajerial untuk melakukan analisa, evaluasi dan perencanaan. Informasi akan akurat apabila didukung oleh sistem yang baik pada suatu organisasi atau situasi.

F.3. Internet

Istilah Internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata Internet berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, Internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.

Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), Internet mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi Internet.

Dengan demikian, definisi Internet ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.

Suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan informasi. Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Untuk mengakses informasi yang disediakan web ini, diperlukan berbagai perangkat lunak, yang disebut dengan web browser.

Website adalah sebuah cara untuk menampilkan diri (Kantor, Profil Perusahaan, Pribadi) di Internet. Dapat diibaratkan Website adalah sebuah tempat di Internet, siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri , memberi pertanyaan kepada Anda, memberikan masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda.

Online adalah Terhubung, terkoneksi. Aktif dan siap untuk operasi; dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan di mana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalu modem.

  1. PERANCANGAN SISTEM

Dalam perancangan Pendaftaran pada akademi kebidanan merangin, penulis penulis menggunakan Data Flow Diagram, Data Flow Diagram (DFD) digunakan untuk menggabarkan Alur proses Penyampaian Kepada pengunjung Website.

G.a. Data Flow Diagram (DFD) Registrasi online

Diagram konteks berisi gambaran umum (secara garis besar) sistem yang akan dibuat. Secara kalimat, dapat dikatakan bahwa diagram konteks ini berisi “siapa saja yang memberi data (dan data apa saja) ke sistem, serta kepada siapa saja informasi (dan informasi apa saja) yang harus dihasilkan sistem.”

Jadi, yang dibutuhkan adalah (1) Siapa saja pihak yang akan memberikan data ke sistem, (2) Data apa saja yang diberikannya ke sistem, (3) kepada siapa sistem harus memberi informasi atau laporan, dan (4) apa saja isi/ jenis laporan yang harus dihasilkan sistem.

Kata “Siapa” di atas dilambangkan dengan kotak persegi (disebut dengan terminator), dan kata “apa” di atas dilambangkan dengan aliran data (disebut dengan data flow), dan kata “sistem” dilambangkan dengan lingkaran (disebut dengan process).

Gambar. Lambang-lambang yang akan Digunakan di Diagram Konteks

Tampilan dari diagram konteks dan DFD registrasi online Mahasiswa baru pada AKBID dapat dilihat sebagai berikut :

External entity yang terlibat pada sistem pendaftaran Mahasiswa baru adalah calon Mahasiswa, Admin (Untuk mendapatkan Izin Mendaftaran/masuk), Dan computer Server (memberikan Respont).

G.b. Rancangan Database

Di dalam database dbregistrasi terdapat 10 tabel yaitu tabel program studi,tabel Mahasiswa daftar, tabel konfirmasi pendaftaran,

Rancangan File/Tabel

Rancangan file/tabel yang dirancang dalam database db registrasi adalah sebagai berikut :

1. Rancangan Tabel Program Studi

Table Program studi

Field Name

Type

Width

Description

KodeProdi

Text

5

Kode/identitas program studi

NmProdi

Text

30

Nama program studi

2. Rancangan Tabel Mahasiswa daftar

Table Mahasiswadaftar

Field Name

Type

Width

Description

NmClnMhs

Text

30

Nama calon Mahasiswa

Tanggal lahir

Text

20

Tanggal lahir

Email

Varchar

30

Email

JnsKelamin

Text

15

Jenis kelamin

Tempat lahir

Text

20

Tempat lahir

Agama

Text

10

Agama

Alamat

Text

50

Alamat

TinggiBadan

Text

5

Tinggi badan Mahasiswa

BeratBadan

Text

5

Berat badan Mahasiswa

KshtnMata

Text

25

Kesehatan mata

KshtnFisik

Text

50

Kesehatan fisik

Hobby

Text

50

Hobby

1.Rancangan Tabel PendidikanCalon Mahasiswa

Table Pendidikan Calon Mahasiswa

Field Name

Type

Width

Description

AslSekolah

Text

20

Asal sekolah

JnsAslSkolah

text

15

Jenis Asal sekolah

Jurusan

Text

15

Jurusan

AlmtSkolah

Text

50

Alamat Sekolah

Agkatan

Text

10

Angkatan

4. Rancangan Tabel Orang Tua/ Wali

Table Orang Tua/ Wali

Field Name

Type

Width

Description

Nm Orang Tua/ Wali

Text

15

Jenis kelamin

Jnskelamin

Text

15

Jenis Kelamin

Pekerjaan

Text

20

Pekerjaan

AlmtRumah

Text

25

Alamat Rumah

Kabpeten

Text

20

Kabupaten

Agama

Text

15

Agama

Alamat

Text

50

Alamat

NamaAyah

Text

30

Nama ayah Mahasiswa

NamaIbu

Text

30

Nama ibu Mahasiswa

AlamatOrtu

Text

50

Alamat orang tua Mahasiswa

5. Rancangan Tabel Buku Tamu

Table Bukutamu

Field Name

Type

Width

Description

Nama

Varchar

30

Nama Pengunjung

Email

Varchar

30

Email

Komentar

Text


Komentar

6. Rancangan Tabel Anggota

Table Anggota

Field Name

Type

Width

Description

Nama Anggota

Varchar

30

Nama Admin / Operator

Password

Charakter

10

Password

Level

Char

1

Level

Email

Varchar

30

Email Admin/ Operator

7. Rancangan Tabel Berita

Table Berita

Field Name

Type

Width

Description

NoBerita

Integer

10

Nomor Berita

Judul

Varchar

100

Judul Berita

Penulis

Varchar

50

Penulis Berita

Tanggal

Varchar

50

Tanggal Berita

Jam

Varchar

50

Jam Di Update

Kategori

Varchar

10

Kategori berita

Isi Berita

Text


Isi Berita

G.c. Rancangan Menu Output

Program yang dibuat dengan menggunakan Software apachefriend (xampp-win32-1.5.3) terdiri dari beberapa aplikasi. Dan seluruh aplikasi pada program ini yang terdiri dari masukan, proses serta keluaran dihubungkan melalui sebuah menu utama. Berikut ini rancangan menu utama yang akan digunakan :

Desain Output halaman utama

Berikut ini rancangan menu Pendaftaran mahasiswa baru secara Online yang akan digunakan :

Desain Output halaman Menu Pendaftaran

Rancangan tampilan ini digunakan untuk mengisi identitas kepada calon Mahasiswa pada saat Mendaftar.

Desain Output halaman Menu Pendaftaran Pengisian Identitas

Rancangan tampilan ini digunakan untuk proses akhir pada pendaftaran secara online kepada calon Mahasiswa pada saat Mendaftar, Dan mendapatkan Nomor regtrasi

Desain Output halaman Menu Pendaftaran Nomor regtrasi.